Tips memilih Mainan untuk Anak Laki-laki Usia 3 Tahun yang Mengasah Kreativitas - Amory Toys

Tips memilih Mainan untuk Anak Laki-laki Usia 3 Tahun yang Mengasah Kreativitas

4 minggu yang lalu      Parenting

Orang tua tidak perlu bingung lagi dalam memilih mainan anak untuk usia 3 tahun. Kami punya beberapa contoh mainan rekomendasi yang mampu mengasah kreativitas anak dan membuatnya aktif bergerak. Anak jadi bisa belajar sambil bermain berkat mainan-mainan ini!

 

 

Memilih Mainan Anak Lebih Baik Disesuaikan dengan Usianya


 

Pada usia 0-5 tahun adalah masa usia emas bagi anak-anak. Pada masa ini, fisik dan psikis anak-anak sedang berkembang dengan pesat. Orang tua bertanggung jawab untuk menstimulasi setiap gerakan motorik anak dan kepintaran otaknya dengan berbagai rangsangan dan aktivitas yang disediakan, sebagai contoh dengan memilih mainan yang tepat. 

Anak-anak memang gemar bermain. Kita, sebagai orang tua, harus menyediakan permainan yang sesuai dengan umur mereka. Mainan yang tepat akan merangsang kecerdasan dan mengasah kemampuan motorik kasar dan halus mereka. 

Untuk menentukan mainan yang tepat bagi anak, Anda bisa melihat label di setiap mainan. Biasanya setiap mainan dilengkapi dengan label usia yang tepat untuk mainan tersebut.

 

 

 

Seperti Apa Mainan yang Cocok untuk Anak Laki-Laki Usia 3 Tahun?


 

Anak laki-laki biasanya lebih aktif daripada anak perempuan. Anak lelaki cenderung cepat bosan dengan satu permainan dan beralih memainkan permainan lain dalam waktu singkat. Sedangkan anak perempuan lebih senang memainkan 1 permainan dalam waktu yang cukup lama.

Untuk menyiasatinya Anda perlu menyiapkan beberapa alternatif mainan bagi anak laki-laki. Di usia 3 tahun adalah masa yang tepat untuk mengenalkan permainan yang melatih segi emosi pada anak. Orang tua dan pengasuh harus ikut serta bermain dengan anak dan jangan biarkan anak bermain sendiri.

Sebagai contoh anak bisa bermain dengan mainan berupa hewan-hewan dalam bentuk 3 dimensi. Dari sini Anda bisa bermain dengan mereka dan bercerita difigurkan oleh para binatang. Anak bisa belajar menyimak dan emosinya hanyut bersama cerita yang Anda gulirkan. 

Jika anak mulai bosan Anda bisa mengajak anak bermain bola dan tunjuk siapa striker dan kipernya. Dari permainan bola anak akan belajar aturan sepak bola sederhana, seperti gol, cara menendang bola, dan lain lain. Permainan ini akan mengasah daya motorik kasar anak.

 

 

Tips Memilih Mainan Anak 3 Tahun Laki-Laki dan Perempuan


Mainan yang Melatih Kemampuan Memecahkan Masalah

Pada usia 3 tahun anak sudah bisa diajak berkomunikasi dan mengerti cara penyelesaian masalah sederhana. Anda bisa memberikan mainan yang merangsang daya analisis pada anak. Seperti permainan puzzle untuk mengenalkan bentuk dan warna serta melatih kesabaran pada anak. 

Anda juga bisa menyediakan beberapa balok dan menyuruh anak menyusun balok menjadi sebuah menara. Siapkan juga kertas dengan gambar buah-buahan dan biarkan anak menempelinya dengan stiker sesuai warna buah tersebut. Cara-cara ini akan membantu anak memiliki kemampuan problem solving yang baik.

 

Mengenalkan Alat Musik Sederhana

Anak-anak adalah pribadi yang ceria dan menggemari musik, tentu saja. Ketika mendengar alunan musik mereka otomatis bergoyang atau sekedar menggerakkan tangan mereka mengikuti irama. Sejak dini, bahkan sedari masa kehamilan, musik dinyatakan memberi efek yang baik bagi janin di kandungan.

Di usia 3 tahun, Anda mulai bisa mengenalkan musik pada anak dengan memberikan mainan berupa instrumen musik sederhana. Sebagai contoh drum, xylophone, terompet, dan lainnya. Musik menjadi media anak untuk melatih kreativitas, meningkatkan kepercayaan diri, mencerdaskan otak, dan pembelajaran baik lainnya.

 

Permainan yang Meningkatkan Kreativitas

Memberikan permainan dengan benda fisik dan nyata akan meningkatkan daya kreativitas anak. Berbeda dengan permainan pada smartphone, mainan yang dapat dipegang membuat anak bereksplorasi dan memecahkan masalah secara riil. Anak yang kreatif akan selalu mencari jalan keluar untuk setiap masalah yang dihadapinya. 

Anda bisa mengasah kreativitas anak sedari kecil dengan memberikan mainan yang tepat untuknya. Sebagai contoh permainan dari tanah liat, mewarnai, atau pun menyusun puzzle dan balok. Anda juga bisa mengajak anak bermain peran seperti dokter-dokteran, bermain rumah-rumahan, atau meniru suara binatang.

 

Berikut adalah Tips2 mainan yang baik untuk perkembangan otak anak dan melatih kreatifias, Jadi gimana Mom ? Sekarang sudah ada gambaran kan, untuk memilih mainan yang tepat untuk anak kesayangan anda ? ^^


Sumber : https://bp-guide.id/AXgog5Ta




Komentar Artikel "Tips memilih Mainan untuk Anak Laki-laki Usia 3 Tahun yang Mengasah Kreativitas"